Waspadai Flu Perut yang Berbeda Dengan Diare

Waspadai Flu Perut yang Berbeda Dengan Diare

Apakah Anda pernah mengalami gejala diare yang disertai dengan demam menggigil hingga muntah muntah? Mungkin itu adalah penyakit flu perut. Gejala penyerta nya adalah diare Tapi tentu saja berbeda. Penyakit ini disebabkan virus juga bakteri serta parasit.

Nama lain dari penyakit ini adalah gastroenteritis yang merupakan suatu kondisi inflamasi atau peradangan yang terjadi pada dinding dinding saluran cerna. Pada umumnya terjadi pada lambung serta usus.

Penyebab Flu Perut

Pada umumnya flu perut ini disebabkan karena adanya peradangan pada  saluran cerna. Adanya norovirus serta rotavirus yang merupakan salah satu patogen yang amat mudah menular. Penularannya pun dapat melalui percikkan air liur atau sajian yang memang sudah terkontaminasi.

Ternyata gastroenteritis tidak hanya disebabkan oleh kontaminasi virus tersebut tetapi juga karena adanya bakteri dan parasit. Oleh karena itu amat penting untuk memastikan bahwa semua bahan konsumsi bebas dari patogen ini untuk mencegah penularannya dari orang lain.

Gejala Khas Flu Perut

Pada umumnya flu perut memang ditandai dengan adanya gejala diare yang cukup parah.  Karena yang terganggu adalah saluran cerna terutama usus. Sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya untuk memadatkan sisa hasil pencernaan yang akan dibuang sebagai kotoran.

Anda perlu mewaspadai penyakit diare tersebut jika dibarengi dengan tanda-tanda sebagai berikut:

  • Timbulnya gejala mual dan muntah setiap kali ingin mengkonsumsi makanan
  • Badan tidak terasa enak yang disertai dengan demam hingga menggigil
  • Mengalami penurunan nafsu makan bahkan tidak ingin mengkonsumsi makanan sama sekali
  • Menderita sakit perut yang parah
  • Adanya nyeri otot dan sendi

Pada umumnya memang penyakit ini dapat disembuhkan sendiri dengan cara meningkatkan kualitas sajian serta mengkonsumsi obat-obatan biasa. Karena tergolong penyakit yang ringan. Kendati demikian, tetap harus  menggunakan perawatan rumah yang tepat,  seperti obat yang sesuai dengan gejala serta mengkonsumsi makanan yang sehat.

Kendati demikian, Anda disarankan untuk mengunjungi dokter agar diperiksa lebih lanjut. Terutama jika ternyata dalam dua sampai tiga hari gejala tersebut tidak berkurang. Terlebih lagi jika kemudian diare serta mual muntah dibarengi dengan adanya pemburukan gejala.

Antara lain muntah yang terus-menerus sehingga mengalami dehidrasi.pada feses. Karena artinya terjadi inflamasi yang cukup parah pada dinding usus dan keluar bersama kotoran.

Untuk menghindari penyakit flu perut ada baiknya memperhatikan seluruh sajian yang hendak dikonsumsi sehari-hari. Pastikanlah kebersihannya tidak terkontaminasi oleh debu atau patogen lainnya. Gunakanlah peralatan makan yang bersih serta terjamin. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun antiseptik.

Penularan penyakit ini dapat Anda baca lagi pada artikel kesehatan yang ada. Dengan demikian dapat melindungi diri sendiri serta keluarga dari penyakitnya amat mudah menular ini.

Health