Bukan Menyiksa, Ini 6 Manfaat Steril Kucing Jantan

Bukan Menyiksa, Ini 6 Manfaat Steril Kucing Jantan

Sterilisasi merupakan proses pengangkatan organ reproduksi yaitu testis pada kucing agar tidak bisa menghasilkan keturunan. Tindakan steril dilakukan setelah usia kucingnya 6 bulan. Cara kerjanya dengan menghilangkan hormon seks pada kucing. Berikut ini manfaat steril kucing jantan yang akan didapatkan untuk kesehatannya.

1. Mencegah IMS Hewan

Steril bermanfaat mencegah IMS pada kucing Anda. Selain itu juga mengurangi hasrat berkelahinya, sehingga tidak ada keributan suara kucing di dalam rumah. Anda bisa aman memelihara kucing jantan berapa pun yang dimau. Kucing juga akan tercegah dari risiko cedera karena berkelahi.

2. Menurunkan Risiko Kanker Testis

Tak hanya pada manusia, kucing juga bisa mengalami kanker testis. Steril yang dilakukan bermanfaat juga untuk mencegah kanker testis. Kesehatan kucing pun akan terjaga dengan baik pada organ reproduksinya. Biaya perawatan untuk kanker testis pada hewan juga besar, maka pilihan ini tepat sekali untuk dilakukan sesuai usia kucingnya.

3. Kucing Lebih Lincah dan Gemuk

Manfaat steril pada kucing juga membantu sekali untuk membuatnya menjadi lebih lincah karena hormon reproduksi berubah menjadi hormon tumbuh kembang. Bahkan buat kucing yang dulunya kurus setelah steril bisa menjadi gemuk. Anda bisa mengambil keputusan ini jika melihat kondisi kucing yang tidak mau gemuk dan bisa mendapatkan kucing dengan tingkah lucu.

4. Kucing Lebih Betah di Rumah

Kucing juga mudah bosan dan suka bermain keluar rumah. Sterilisasi yang dilakukan pada kucing sangat membantu sekali mengurangi tingkat agresivitas kucing. Alhasil kucing Anda pun menjadi lebih tenang dan lebih betah berada di rumah saja. Terlebih tidak ada lagi hasratnya untuk mencari kucing betina.

Tak hanya itu kucing yang sudah disterilisasi akan menjadi lebih jinak dari sebelumnya. Kucing juga akan berkurang tingkah menyebalkannya seperti kencing di sembarangan tempat. Anda tentu tidak kerepotan mencari kucing karena frekuensi keluar rumahnya akan sangat minim.

5. Meminimalisir Kucing Terlantar

Steril yang dilakukan pada kucing jelas menurunkan over populasinya yang bisa berdampak pada tingginya angka kucing terlantar. Kucing pun akan terjaga dengan optimal dan lebih terawat dengan jumlah yang sedikit. Anda bisa memberikan makanan terbaik untuk kucing yang ada.

6. Menghindarkan Stres

Stre juga bisa terjadi pada kucing jika hasratnya tidak terpenuhi. Maka steril bermanfaat menghindari terjadinya stres pada kucing karena sudah tidak ada lagi birahinya untuk kawin. Berkurangnya stres yang terjadi tentu berdampak sekaligus dengan berkurangnya kucing yang sakit karena stres.

Lakukan sterilisasi ke dokter hewan dengan prosedur yang tepat agar bisa mendapatkan manfaat steril kucing. Jangan melakukannya sendirian karena bisa menyiksa kucingnya. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kapan waktu yang bagus untuk kucingnya disteril. Sekiranya masih bisa ditunda juga tidak masalah tergantung bagaimana hasil pemeriksaan dokter hewannya.

Others